Ada Apa di Inti Bumi Kita? Baca ini Biar Gak Lagi Penasaran

Bumi kita hidup, dan sebagian nyawa bumi terdapat pada intinya. Ini kenapa bumi kita selalu bergerak (gempa), mengeluarkan lava di gunung berapi, memunculkan pulau ke permukaan dan sebagainya. 

Bumi kita memiliki inti yang setiap hari di dalamnya terdapat berbagai reaksi-reaksi besar seperti: ledakan bom atom. 

Planet bumi terdiri dari serangkaian lapisan yang berbeda, yang masing-masing memiliki struktur dan metrial yang unik. Lapisan atas atas dikenal sebagai kerak. Lapisan ini merupakan lapisan tipis dari bumi dengan ketebalan 30 km. Kita hidup di lapisan paling atas kerak ini.

Di bawah kerak, ada empat lapisan yang berbeda terdiri dari, material atas, material bawah, inti luar dan inti dalam. Inti bumi berukuran sekitar 19 persen dari total volume bumi. Suhu inti diperkirakan antara 4.00-8.000 derajat celcius.

Kabar terbaru, di kutip dari postingan @infia_fact yang melansir info terbaru dari Live Science, telah mengungkapkan hal dari penelitian yang dilakukan oleh gabungan peneliti CEA, organisasi riset teknologi nasional Perancis, National Center for Scientific Research (CNSR) Prancis, dan European Synchrotron Radiation Facility (ESRF).

.
Hasil penelitian menemukan, suhu dalam Bumi diperkirakan mencapai 6.000 derajat Celsius, atau 1.000 derajat Celsius lebih panas dibandingkan perkiraan sebelumnya. Panas 6.000 derajat Celcius digambarkan seperti panas permukaan Matahari

Bumi kita bisa berotasi (berputar) dan mengitari Matahri dikarenakan oleh inti bumi yanng berperan seperti sumber mesin utama. Pada tahun 1997 percobaan pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa inti bumi berputar pada kecepatan yang sedikit lebih cepat dari bumi itu sendiri. Hal ini seperti sebuah planet yang berputar di dalam sebuah planet.

Material terbanyak yang terdapat di intibumi diperkirakan hanyalah logam dan besi cair panas. Sampai saat ini belum ada penelitian mendalam mengenai apa yang terdapat pada inti bumi. Hal ini dikarenakan ruang lingkup yang sulit untuk dijelajahi. Sebaliknya kita lebih banyak mengeksplorasi ruang angkasa. Inti bumi itu aktif, akan tetapi sumber yang membuat aktif inti bumi masih belum sepenuhnya dipelajari.

Akan tetapi, ruang media pembelajaran 3 dimensi tentang penjelajahan di inti bumi dapat kita rasakan sensasinya dibeberapa tempat wisata edukasi, salah satunya di National History London atau kalau di Indonesia ada juga di Jatimpark. Sepertyi ulasan komentar dari @ka.yiinn di postingan @roslidahnavila. Seperti apa keseruannya, berikut cuplikan videonya.

Bumi kita lahir sekitar 4,5 Miliah tahun yang lalu. Jangan meremehkan bilangan 4,5 Miliar dan jangan pernah berhitung 1 sampai 4,5 Miliar, walaupun kita cekatan meghitung 2-4 angka dalam satu detik. Perhitungan kita seluruhnya akan memakan waktu sekitar 300 ratus tahun. 

Kita pernah mendengar topik mengenai inti matahai yang bisa mati, begiru juga sama dengan bumi. Manusia yang mencemarkan lingkungan berdampak negatif pada kondisi bumi, terutama penerbangan liar pada hutan. penebangan liar dipercaya bisa meningkatkan Global Warming (pemanasan global) pada bumi.
Ada Apa di Inti Bumi Kita? Baca ini Biar Gak Lagi Penasaran
Sumber: Media Koran - Noname
 Sumber: dari berbagai media

0 Response to "Ada Apa di Inti Bumi Kita? Baca ini Biar Gak Lagi Penasaran"

Post a Comment

Menerima kritik dan saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel