Pembentukan Bumi dalam lingkup Sejarah dan Prosesnya

Dalam tata surya kita, planet Bumi merupakan salah satu planet dimana satu-satunya yang diketahui memiliki kehidupannya. Dalam hal ini, manusia, hewan, dan tumbuhan hidup di di dalamnya sejak dahulu kala. Begitupun dengan keberadaan planet Bumi ini sebelum dihuni mahkluk hidup telah tercipta sejak dahulu kala pula. Untuk mengetahui hal demikian, dalam Explore Geografi kali ini akan kita ulas mengenai sejarah dan proses pembentukan planet bumi. 
Pembentukan Bumi dalam lingkup Sejarah dan Prosesnya
Menurt para ahli, proses pembentukan planet kita ini hampir serupa dengan sejarah proses pembentukan tata surya. Pasalnya, ukuran volume planet bumi lebih kecil dibandingkan dengan ukuran matahari yang lebih besar. Otomatis, pembentukannya tidak memakan proses waktu yang cukup lama alias lebih cepat. 

Proses pembentukan planet bumi yang paling berperan adalah proses pembekuan. Dalam proses ini, ada proses klasifikasi secara alamiah berupa pemisahan diri antara bahan-bahan material penyusunan di dalamnya berdasarkan ukuran berat masa jenis. Material yang berat ini menjadi bagian dari inti bumi atau yang lebih sering dikenal dengan barisfeer. Bagian material tersebut memusat dan akhirnya berproses menjadi inti bumi. Sedangkan material yang lebih ringan tidak terjadi pemusatan melainkan justru naik di atas berada di lapisan luar atau disebut sebagai kerak bumi (Lithosfer). 

Setelah terjadinya proses pembekuan, ada lagi dimana masa bumi mengalami proses pendinginan yang maha dahsyat. Proses tersebut diperkirakan mencapai suhu sekitar 100 derajat celcius pada saat proses pendinginan. Dengan suhu tinggi tersebut, Bumi kemudian mengalami proses kondensasi dan terjadilah hujan pertama yang terjadi di permukaan Bumi. 

Air hujan yang turun kemudian mengalir dan mengisi ruang-ruang kosong yang ada di perumukaan Bumi. Terisinya permukaan bumi dengan air ini kemudian dalam ilmu Geografi kita kenal sebagai lapisan Hidrosfer. Selain lapisan itu, bagian bumi pada lapisan udara menyelimuti Bumi atau yang kita kenal sebagai lapisan Atmosfer. Setelah rangkaian proses tersebut, kemudian lambat laut seiring waktu yang terus berjalan dan berproses maka permukaan bumi diramaikan dengan kehidupan baik manusia yang disebut sebagai lapisan Antroposfer dan kehidupan flora fauna disebut lapisan Biosfer. 

Demikianlah sejarah singkatnya proses pembentukan bumi. Lanjutannya akan diuraikan pada artikel Explore Geografi berikutnya. 

0 Response to "Pembentukan Bumi dalam lingkup Sejarah dan Prosesnya"

Post a Comment

Menerima kritik dan saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel