Tidak Hanya di Laut, Di Gunung Api Ini Pun juga Menghasilkan Garam

Biasanya kita semua mengetahui bahwa garam dihasilkan dari proses pengeringan yang dilakukan dari air laut. Namun, fenomena alam ini cukup berbeda dari yang lainnya. Garam ini dihasilkan dari proses fenomena alam gunung api.
Garam tidak hanya dihasilkan dari air laut, tapi ternyata juga dihasilkan dari Gunung Api. Salah satunya dapat disaksikan yang terjadi di kawasan Bleduk Kuwu Kadenan Grobogan. Fenomena alam, letupan gas gunung api ini dapat menghasilkan garam yang kaya akan kandungan yodium.
Batas Peringatan Kawasan Berbaya di Bleduk Kuwu, Desa Kradenan Grobogan Jawa Tengah (Sumber: @abudalil)
Bledug Kuwu merupakan nama gunung api lumpur yang memiliki luas kurang lebih 45 hektar. Lokasinya berada di Desa Kuwu Kradenan Grobogan Jawa Tengah. Hal yang mengejutkan di sana adalah gunung api ini dapat menghasilkan garam yang bermanfaat bagi warga sekitar.

Peristiwa alam yang tidak kalah mengejutkan adalah adanya pemandangan pengangkatan lumpur hingga ketinggian enam meter (6m) akibat proses ledakan gas karbondioksida (CO2) dan sulfur (K2O) yang berurutan.

Beginilah Video Fenomena Alam Bleduk Kuwu.



Menurut Ahli Geoglogi Dr. A.J Panekoek, berdasarkan peta geologi yang berada di Desa Kuwu Kradenan Grobongan merupakan jenis lapisan tanah endapan, yakni aluvial plains. Lapisan ini mengandung pula endapan garam.
Letupan gas-gas yang bercampur air dan lumpur di lubang kawah Bleduk Kuwu
Letupan gas-gas yang bercampur air dan lumpur di lubang kawah Bleduk Kuwu (Sumber: @ridhoahmadmahatir1717)
Secara tradisional, warga setempat mengelola air formasi yang terbawa keluar pada waktu bersamaan dengan letupan gas-gas untuk dijadikan garam. Letupan yang seringkali terjadi di sana juga mengundang banyak wisatawan untuk datang dan menikmati fenomena alam Bleduk Kuwu. Tak jarang banyak dari para wisatawan rela panas-panas demi melihat fenomena alam yang luar biasa adanya tersebut.

Untuk menghasilkan garam, masyarakat setempat yang berpfrofesi sebagai petani tambak garam memanfaatkan letupan gas-gas tersebut. Demi mendapatkan banyak air yang dikumpulkan, warga dengan berani tanpa rasa takut berjalan dengan cara merangkak di atas lumpur-lumpur yang lunak yang sangat dekat dengan lubang kawah. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan banyak air yang mengandung garam.

Selanjutnya, air garam tersebut dialirkan ke kolam-kolam penampungan untuk memisahkan endapan lumpur. Hampir selama sepekan, air yang memiliki kandungan garam tersebut dijemur diterik matahari yang diletakkan di atas bilah-bilah bambu belah.

Setelah terbentuk butiran-butiran garam, proses selanjutnya dikumpulkan dan siap untuk dikonsumsi. Garam yang dihasilkan tersebut terkenal dengan sebutan Garam Bledug Kuwu. Kualitas garam ini tidak perlu diragukan. Garam Belduk Kuwu juga memiliki kelebihan, yakni mengandung yodium yang bermanfaat bagi tubuh.

1 Response to "Tidak Hanya di Laut, Di Gunung Api Ini Pun juga Menghasilkan Garam"

Menerima kritik dan saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel