8/31/17

Objek Studi Geografi Dan Kaitannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Geografi sebagai salah satu disiplin ilmu memiliki objek studi sebagai bidang kajiannya. Objek studi di dalam Ilmu Geografi menjadi cara berfikir yang mampu memberikan batasan pembeda antar ilmu pengetahuan satu dengan lainnya.

Baca juga: Kumpulan Definisi Geografi Terlengkap Dari Para Ahli Geograf
Seperti yang telah di ketahui, ilmu Geografi menekankan pembahasan mendalam terhadap gejala-gejala fisik dan sosial yang saling berpengaruh. Oleh karena itu, objek studi geografi perlu diperjelas dalam Geografi sebagai pusat titik fokus kajian.
Geografi sebagai salah satu disiplin ilmu memiliki objek studi sebagai bidang kajiannya. Objek studi di dalam Ilmu Geografi menjadi cara berfikir yang mampu memberikan batasan pembeda antar ilmu pengetahuan satu dengan lainnya. Seperti yang telah di ketahui, ilmu Geografi menekankan pembahasan mendalam terhadap gejala-gejala fisik dan sosial yang saling berpengaruh.  Oleh karena itu, objek studi geografi perlu diperjelas dalam Geografi sebagai pusat titik fokus kajia
Diagram Objek Studi Geografi
Berdasarkan hasil kesepatakan dalam musyawarah besar antar para Ahli Geografi Indonesia yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama Ikatan Geograf Indonesia (IGI) melalui forum seminar dan lokakarya nasional di Semarang telah menyepakati pemahaman tentang Objek Studi Geografi. Hasil kesepatan tersebut menyebutkan bahwa Objek Studi Geografi di bedakan menjadi dua, yaitu Objek Material Geografi dan Objek Formal Geografi.
Baca juga: Sekilas Perkembangan Ilmu Geografi

Objek Material Geografi

Objek material geografi merupakan sasaran atau isi kajian geografi. Objek material geografi mencakup lima fenomena geosfer (lapisan kajian geografi), yaitu:
  1. Atmosfer (Lapisan Udara). 
  2. Hidrosfer (Lapisan Air)
  3. Lithosfer (Lapisan Batu-Batuan)
  4. Biosfer (Lapisan Kehidupan Flora dan Fauna)
  5. Antroposfer (Lapisan Kehidupan Manusia).
Baca juga: Info Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri | www.explorebeasiswa.com 

Objek Formal Geografi

Objek Formal Geografi dimaknai sebagai sebuah cara sudut pandang atau pola pikir ilmu geografi dalam mengkaji gejala-gejala yang ada di permukaan bumi. Gejala yang dikaji mencakup kondisi fisik maupun sosial. Kajian dalam objek formal geografi juga mencakup  hasil pertanyaan-pertanyaan 5W+1H, yaitu:
  1. What (apa). Pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui apa saja yang terjadi 
  2. Wehere (dimana) Pertanyaan untuk mengetahui keberadaan suatu lokasi, persebaran suatu fenomena atau gejala yang ada di permukaan bumi.
  3. Wehen (kapan). Pertanyaan untuk menjawab waktu kejadian suatu peristiwa yang terjadi.
  4. Why (kenapa). Penjabaran atas pertanyaan untuk menjelaskan duduk permasalahan yang terjadi sebagai proses sebab dan akibat.
  5. Who (siapa). Pertanyaan yang digunakan untuk mencari tahu pelaku dan yang dikenai tindakan oleh pelaku, serta siapa saja yang terlibat di dalamnya yang saling berhubungan satu sama lainnya.
  6. How (bagaimana). Merupakan penjabaran suatu proses peristiwa yang berkesinambungan sehingga menjadi sebuah rangkaian utuh yang jelas dan terperinci.
Baca Juga: Pengen belajar nulis blog? Baca di www.SinauBlog.com
Selain berdasarkan atas pertanyaan di atas, pemahaman objek formal geografi juga di dasarkan sebagai suatu cara pandang atau metode yang di perhatikan  untuk mencari sebuah jawaban melalui suatu metode atau pendekatan. Adapun metode atau pendekatan yang digunakan dalam kajian ilmu geografi berdasarkan analisis objek formal geografi meliputi: 
  1. Aspek Keruangan. Geografi mempelajari suatu wilayah antara lain dari segi “nilai” suatu tempat dari berbagai kepentingan.
  2. Aspek Kelingkungan. Geografi mempelajari suatu tempat dalam kaitan dengan keadaan suatu tempat dan komponen-komponen di dalamnya dalam satu kesatuan wilayah.
  3. Aspek Kewilayahan. Geografi mempelajari kesamaan dan perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri-ciri khas.
  4. Aspek Waktu. Geografi mempelajari perkembangan wilayah berdasarkan periodeperiode waktu atau perkembangan dan perubahan dari waktu ke waktu.
Baca Juga: Artiekl-artikel terbaru dari Explore Geografi

Perbedaan Objek Material dan Objek Formal Geografi

Objek Material Geografi mengkaji terhadap bahan kajian, berupa analisis fisik kajian fenomena geosfer. Sedangkan, Objek Formal Geografi lebih memperhatikan cara atau metode pemecahan masalah yang terjadi dengan metode atau pendekatan.

Explore Geografi menerima tulisan, kritik dan saran, serta pertanyaan dari pembaca. Kirim via email: exploregeografi@gmail.com atau Hub. 085602060009 atau link Kontak. Semoga blog Explore Geografi dapat semakin maju dan bermanfaat untuk membangun Indonesia lebih baik.

Menerima kritik dan saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.